Si Hitam Manis yang Tak Pernah Lekang di Lubuk Basung, Siapa Dia?

- 6:52 am
Halo apa kabar semua? Semoga selalu dalam keadaan baik saja ya. Oiya buat kamu yang belum pernah ke Sumatra Barat, khususnya Lubuk Basung, ini ada kabar baik buat kamu. Tahukah kamu? Ternyata Sumatra Barat menyimpam banyak makanan khas yang sayang untuk dilewatkan. Ini dia salah satunya. Apakah dia?

Sudah pernah mendengar Godok Batinta belum?



Ya, gambar di atas adalah makanan khas Sumatra Barat, Godok Batinta. Godok Batinta merupakan cemilan khas dari Sumatera Barat yang bahan utamanya terbuat dari Pisang. 

Apa yang istimewa dari Godok Batinta ini? Adalah tekstur bagian dalamnya yang lembut dan kriuk-kriuk di bagian luarnya nan begitu menggugah selera bagi siapa saja yang mencicipinya. 

Oh ya, tinta yang saya sebutkan di sini bukan tinta spidol ya, hehe.

Disebut Godok Batinta karena dilumuri oleh gula yang berwarna coklat kehitaman. Orang minang menyebutnya dengan Gulo Saka.

Untuk proses pembuatan Godok Batinta terbilang cukup mudah. Seperti yang sudah disebutkan tadi, bahan utama dari Godok Batinta ini adalah pisang. Pisang dicampur dengan tepung beras kemudian dicampur dengan bahan-bahan lainnya seperti kelapa parut dan garam. Kemudian aduk semua adonan lalu kepalkan sebesar kepalan tinju anak-anak lalu goreng hingga warna kekuning-kuningan.

Untuk pembuatan tintanya cukup panaskan air, tambahkan gula serta daun pandan. masak hingga gula mencair dan mengental. Setelah gula mencair dan mengental, berarti tinta siap disiramkan pada godok yang sudah digoreng tadi. 

Rasa manis yang dominan ditambah dengan tekstur dalamnya yang lembut membuat kenikmatan yang tersendiri bagi yang mencicipinya apalagi ditemani oleh secangkir teh manis hangat.

Bagaimana kamu penasaran untuk menikmatinya? Kalau di Lubuk Basung nyarinya di mana ya? 

Kalau kamu mau menikmati makanan khas ini, kamu jangan cari di supermarket atau minimarket ya, carilah di pasar tradisional dan warung-warung tradisional. Tapi tidak semua warung menjualnya loh, makanya makanan ini menjadi buruan penikmat kuliner. Semoga menikmati. Enjoy in Lubas.