Alhamdulillah, Masjid Agung Nurul Falah Lubuk Basung Jadi Masjid Percontohan di Sumbar

- 2:26 pm
Sebenarnya kabar baik ini sudah ada sejak 2 tahun silam, ketika Masjid Agung Nurul Falah Lubuk Basung, Kabupaten Agam, terpilih menjadi masjid percontohan pertama di tingkat Provinsi Sumatra Barat dan mewakili provinsi Sumbar ke tingkat nasional pada 2015.



Menurut Kasubag Tata Usaha Kementrian Agama Kabupaten Agam ketika itu, Edi Zalman mengatakan, hal itu sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat Nomor 241 tanggal 25 Agustus 2015 tentang Penetapan Masjid Agung Percontohan Tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Masjid Agung Nurul Falah berhasil menyisihkan masjid agung yang ada di kabupaten dan kota di Sumbar sesuai penilaian yang dilakukan beberapa waktu lalu. Prestasi ini tentu merupakan kebanggaan bagi warga Agam, karena menjadi terbaik dan dipercaya mewakili Provinsi Sumbar di tingkat nasional nantinya.

Sementara itu, Ketua Umum Masjid Agung Nurul Falah Syafirman, ketika itu mengatakan prestasi ini merupakan keberhasilan semua pengurus, pemerintah, Korpri, masyarakat dan lainnya.

Keberhasilan ini berkat peran semua pihak, sehingga masjid yang berada di jantung ibukota Kabupaten Agam ini menjadi percontohan pertama di Sumbar.

Ke depan, komponen yang sangat menentukan seperti bidang imarah, riayah dan idarah akan ditingkatkan di masjid agung ini dan semoga menjadi kenyataan.

Sekilas tetang Masjid Agung Nurul Falah

Masjid Agung Nurul Falah berdiri diatas tanah seluas 7.200 M2 ( 80 x 90 M2), status tanah masjid tercatat sebagai aset Pemerintah Daerah Kabupaten Agam.

Tanah Masjid semula adalah bagian dari tanah milik TNI AD yang berasal dari penyerahan Ninik Mamak Nan VII Suku Lubuk Basung yang terdiri dari 3 persil yang terpisah-pisah seluas 99.200 M2. Kemudian ditukar/Ruislag oleh pemerintah Kabupaten Agam dengan tanah bekas Erfacht perponding Nomor 16 yang terletak di Sungai Aur Km 65 jalan arah Simpang Empat-Tiku (sebagai tanah pengganti).

Semula Masjid ini disebut Masjid Raya Nurul Falah Lubuk Basung, didirikan tahun 1985 sebagai pelengkap kepindahan Ibukota Kabupaten Agamdari Bukittinggi ke Lubuk Basung. Peresmian pemakaian Masjid ini tahun 1987 oleh Bupati Agam pada waktu itu yakni Gustiar Agus.

Penetapan Masjid Agung Nurul Falah menjadi Masjid Agung sesuai dengan SK Bupati Agam Nomor: 517 pada tanggal 30 Desember 2014.

Bangunan fisik Masjid dan kelengkapannya telah dilakukan tambahan-tambahan dari sejak tahun 2013 sesuai dengan perencanaan Pemerintah Kabupaten Agam, dilakukan renovasi besar-besaran yang direncanakan membutuhkan anggaran lebih kurang Rp. 7.000.000.000,- (tujuh milyar rupiah), perencanaan renovasi direncanakan lebih kurang 5 tahun.

Itulah prestasi dari masjid kebanggan warga Lubuk Basung. Oiya, sedikit informasi, sajadah di masjid ini wangi loh, silakan buktikan sendiri. Enjoy in Lubas