Hebat, Giliran Tim Kesenian Lubuk Basung Tampil di Parade Lagu Nusantara 2017

- 1:24 pm
Kegiatan seni memang tiada habis-habisnya. Sebagai produk kultural kesenian telah melekat pada diri individu maupun kelompok. Bicara kesenian, Lubuk Basung juga memiliki prestasi yang tidak kalah. Buktinya saja, tahun ini tim kesenian dari Lubuk Basung akan berlenggang ke kancah nasional.



Adalah Tim Kesenian Sanggar Siti Rasani, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam. Sanggar ini bakal tampil pada Parade Lagu Nusantara 2017 tingkat Nasional, di Sasono Langen Budoyo TMII Jakarta , Sabtu (9/12) dan Minggu (10/12). 

Hebatnya lagi, tim kesenian kebanggaan Lubuk Basung ini akan tampil membawakan karya sendiri di hadapan jutaan pasang mata.

Bertolaknya tim kesenian asal Lubuk Basung ini merupakan rangkain dari kegiatan yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata UPTD Anjungan Sumbar TMII.

Iven ini juga bakal diikuti oleh seluruh provinsi yang ada di Indonesia, dan kali ini Agam ditunjuk sebagai perwakilan Provinsi Sumatera Barat.

Tahukah kamu? Ternyata iven ini merupakan iven tahunan, dimana kabupaten ataupun kota yang ada di Ranah Minang akanbergiliran untuk mewakili Sumbar.

Pada iven sebelumnya yang mewakili Propinsi Sumatra Barat adalah Kabupaten Tanah Datar. 

Untuk kita ketahui, kegiatan yang akan berlangsung dua hari itu, mengusung tema cinta damai.

Kabar yang pantas membuat warga lubas boleh berbangga adalah tahun ini Kabupaten Agam, khususnya Sanggar Siti Rasani Kecamatan Lubuk Basung, bakal tampil di tingkat nasional. Agam sudah dua kali mengikuti iven tersebut, yaitu pada 2007 lalu, hebatnya Kabupaten Agam berhasil menembus posisi sepuluh besar, dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia.

Dan ternyata lagi, lirik dan aransemen yang bakal dimainkan nantinya merupakan ciptaan putra asli Lubuk Basung, yakni Jefri Abdullah.

Tim kesayangan warga Lubuk Basung ini memiliki anggota 11 orang. Mereka dirancanakan berangkat ke Jakarta pada Jum'at (8/12). 

"Bahkan Agam bakal tampil dengan karya sendiri, ini sangat luar biasa," ujarnya.

"Mudah-mudahan, keberangkatan Sanggar Siti Rasani membawa keberhasilan untuk Kabupaten Agam, khususnya bagi masyarakat Minangkabau, karena yang bakal ditampilkan adalah alat musik bernuansa etnik, mulai dari alat musik tradisional hingga modern" ujarnya berharap.

Sebaga warga Agam, khususnya Lubuk Basung tentu kita menitip harap agar tim kesenian ini bisa menoreh prestasi membanggakan. Selain titipan harap, kita juga patut mendoakan mereka yang tampil diberi kesehatan dan bisa tampil maksimal.

Semoga menang. Enjoy in Lubas.