Hebat, Siswa SMA 1 Lubuk Basung Budidayakan Jamur Tiram

- 6:48 am
Banyak cara positif yang dapat dilakukan siswa dalam mengisi waktu luang di sela-sela kegiatan belajar di sekolah. Seperti yang ditunjukan siswa SMA 1 Lubung Basung Kabupaten Agam ini. Mereka melakukan kegiatan extra kurikuler dalam bentuk budidaya Jamur Tiram di lokasi sekolah sebagai media pembelajaran.

Jamur Tiram

Ternyata kegiatan ini telah dimulai pada tahun 2013 dan berlanjut hingga sekarang dan telah memproduksi jamur tiram sebanyak lima kilogram setiap minggunya. Wah hebat. 

Saat ini, jamur ini telah dihargai sebesar Rp20.000 perkilogram dan dipasarkan di sekitar sekolah dari budidaya sekitar 150 media tanam atau batlog.

Budidaya jamur tiram ini terus dilakukan sebagai media belajar siswa. Apabila mereka nantinya lulus sekolah, maka akan dilanjutkan anggota lain yang masih duduk pada kelas tujuh dan delapan.

Kepala SMAN 1 Lubuk Basung, Taslim menambahkan seperti yang dikutip dari minangkabaunews.com budidaya jamur tiram ini salah satu kegiatan tambahan atau ekstrakuriluler. Disamping juga memiliki ekstrakurikuler sebanyak 14 unit di bidang olahraga, kesenian dan keagamaan.

Kegiatan tersebut dilakukan agar siswa dapat menggali potensi diri dan memiliki bakat masing-basing sehingga dapat juga diterapkan selepas mereka tamat sekolah.

Pihak sekolah juga berkeinginan terus mendorong bakat siswa tersebut, sehingga bisa tersalurkan kepada kegiatan yang positif dan memberi dampak yang baik dikemudian hari.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga setempat Fauzir mendukung terobosan SMAN 1 Lubuk Basung dan berharap dicontoh oleh sekolah lain.

Dengan cara ini, siswa memiliki kesibukan setelah selesai proses belajar mengajar. Ini salah satu cara mempersempit ruang gerak siswa untuk melakukan perbuatan yang tidak diinginkan seperti keluyuran dan perilaku negatif lainnya. 

Keren SMA 1 Lubuk Basung, maju terus dan sukses selalu.