Akhirnya, Mahasiswa Lubuk Basung di Bukittinggi Menghimpun Diri

- 6:46 am
Organisasi dan mahasiswa bagaikan dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Mahasiswa menjadikan organisasi sebagai wadah untuk menempa diri dan mencari makna serta eksistensi. Melalui organisasi, mahasiswa mengembangkan kapasitas kemahasiswaannya dalam bentuk penyampaian aspirasi, inisiasi, dan menuangkan gagasan positif serta kreatif melalui pelbagai kegiatan yang relevan dengan tri dharma perguruan tinggi secara organisatoris. Agaknya hal tersebutlah yang disadari oleh sejumlah mahasiswa asal Lubuk Basung di Bukittinggi sehingga memutuskan untuk menghimpun diri.
Pelantikan HIMALUBAS/lubas.web.id

Siang itu, Selasa (23/1) cuaca Lubuk Basung yang muram menemani perjalanan tim lubas.web.id ketika menyambangi Kantor Camat Lubuk Basung. Di lantai dua kantor camat yang baru direnovasi itu terdapat sebuah aula yang dipenuhi oleh puluhan mahasiswa yang tengah duduk dengan rapi. Di hadapan mereka duduk pula sejumlah pejabat kecamatan. 

Kedatangan sejumlah mahasiswa notabene beraktifitas di Bukittinggi tersebut bukanlah untuk menghadiri acara seminar seperti yang sudah-sudah. Kehadiran mereka adalah dalam rangka pelantikan pengurusan himpunan mahasiswa daerah (himda) setelah sekian lama diinisiasi.

Adalah pengurus Himpunan Mahasiswa Lubuk Basung disingkat HIMALUBAS di Bukittinggi dengan resmi dilantik oleh Camat Lubuk Basung, Murni Idrus. Himpunan yang dikomandoi oleh Rendi Putra Salman, mahasiswa IAIN Bukittinggi itu diambil sumpahnya untuk masa khidmat beberapa tahun kedepan.

Keberadaan organisasi mahasiswa daerah Lubuk Basung tersebut mendapat apresiasi dari banyak pihak. Seperti dari pejabat kecamatan, pejabat nagari, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Lubuk Basung, dan pihak Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Lubuk Basung dan Manggopoh.

"Semoga keberadaan kami dapat memberi faedah untuk kampung halaman. Kami siap menuangkan ide-ide positif dan kreatif. Kedepan kami bakal merangkul adik-adik sekampung agar termotivasi untuk kuliah," ujar Ketua HIMALUBAS terpilih, Rendi Putra Salman.

Dalam prosesi pelantikan pengurus himda Lubuk Basung tersebut, banyak sekali petuah-petuah seputar organisasi dan harapan yang dititipkan kepada organisasi yang baru seumur jagung ini. Katakanlah itu seputar fungsi organisasi yang bisa menjadi penghubung antara satu mahasiswa dengan mahasiswa lain, dan menjadikan seorang mahasiswa memiliki relasi yang lebih luas bahkan tanpa batas.

Lebih jauh lagi, organisasi mahasiswa daerah Lubuk Basung ini diharapkan dapat menjadi sarana kontribusi anak nagari untuk daerahnya, tentu dengan berfokus pada pembangunan daerah. 

Kemudian dengan adanya organisasi ini diharapkan dapat berperan menjaga nilai-nilai budaya daerah agar tidak luntur di tengah arus modernisasi dan heterogenitas budaya yang ada. 

Selain itu, HIMALUBAS ini juga harus bisa berperan dalam menjaga semangat dan cita-cita untuk kembali membangun daerah setelah selesai masa perkuliahan.

"Organisasi mahasiswa daerah Lubuk Basung ini jangan hanya sebagai tempat kumpul-kumpul saja, tetapi juga menjadi pemberi manfaat bagi daerah yang ditempati, juga daerah dari mana mereka berasal, karena sebenarnya mereka adalah duta dari daerahnya masing-masing yang harus menjaga nama baik daerah dan putra-putri daerah di tempat mereka menuntut ilmu," ujar Murni Idrus usai pelantikan.

Dikatakannya lagi, HIMALUBAS dapat menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah sehingga saling memberi manfaat di antara kedua belah pihak, mulai dari penyediaan beasiswa hingga pembiayaan kegiatan. 

Terhadap pemerintah daerah, organisasi mahasiswa daerah dapat mempromosikan budaya, pariwisata, hingga potensi daerahnya ke masyarakat luas.

Benang merah dari petuah tersebut adalah ihwal darurat narkoba. Pasalnnya banyak mahasiswa baru yang terjerat kasus miras, narkoba dan pergaulan bebas karena salah memilih teman dan tidak ada yang mengingatkan kesalahan tersebut. Disinilah organisasi mahasiswa daerah Lubuk Basung ini dituntut mengambil peran. 

Selamat dilantik pengurus HIMALUBAS Bukittinggi. Semoga dapat mengemban tugas dengan sebaik mungkin, dan dapat menjaga nama baik Lubuk Basung. Selamat bertugas.