Kayuh Sepedamu, Terima Tantangan Lubuk Basung Cycling Club

- 9:04 am
Mengawali tahun baru 2018, Lubuk Basung Cycling Club (LCC), menggelar iven  Adventur Bike (Sepeda Petualangan), dan Fun Bike (Sepeda Santai), Minggu (14/1). Ivent yang bertajuk LCC Gowes Adventure itu, bekerjasama dengan Pemkab Agam, ISSI Agam, Stikes Ceria Buana Lubuk Basung, dan Bougenvile Accenter.

Foto via Tempo.co

Ketua LCC Jatirman di Lubuk Basung, Minggu (31/12) mengatakan, ivent tersebut bukan dalam rangka menyemarakkan tahun baru 2018, tetapi murni untuk menjalin, dan mempererat kekeluargaan dengan mereka yang memiliki hobi bersepeda.

"Sebelumnya, LCC hanya menggelar sepeda santai, dan pesertanya pun sebatas dari Lubuk Basung dan sekitarnya, namun kali ini ditambah dengan iven Sepeda Adventur, pesertanya pun berasal dari Provinsi Sumatera Barat, Sumatera Utara, Riau, dan Jambi," jelasnya.

Ia menyebutkan, saat ini peserta dari Sumatera Utara sudah mendaftar pada panitia, dan peserta dari kabupaten/kota se-Sumatera Barat, Riau, dan Jambi, sudah menyatakan kesediaannya meramaikan iven yang bertajuk kekeluargaan itu.

Iven dibagi dua yaitu, sepeda santai khusus untuk kaum wanita dan anak-anak, serta peserta yang tidak mampu atau berminat menjadi peserta adventure bike.

Dijelaskannya, lintasan untuk adventure bike sengaja dipilih yang mengandung unsur kesulitan, dan keindahan alam, sehingga peserta bisa berfoto, termasuk berfoto selfi, untuk kenangan nantinya. Sedangkan peserta fun bike, jalur yang akan dilalui relatif mudah, namun juga dipilih memiliki panorama alam, nan indah menawan.

"Di samping itu, untuk star dan finis dilakukan di Kampus Stikes Ceria Buana Lubuk Basung," ujarnya lagi.

Gambar via Agammediacenter.com

Sementara itu, menurut panitia lainnya Imam Syafe'i, iven tersebut disponsori MNC Grup, dan Bupati Agam H. Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah, serta  beberapa sponsor lainnya, seperti Auto 2000, Nisan, Perusahaan Besar Swasta Nasional (PSBN), seperti PT. AMP, PT. Mutiara Agam, PT, Pelalu Raya, dan perusahaan lainnya yang ada di Agam.

“Pihak MNC Grup sudah menyerahkan satu unit sepeda motor, sebagai hadiah, dan langsung melakukan peliputan kegiatan. Bupati Agam juga sudah bersedia menyediakan satu unit sepeda motor,” ujarnya.

Dikatakannya, hadiah ditentukan melalui Door Prize. Hadiah yang disediakan sponsor antara lain sepeda motor, sepeda, TV Led, kulkas, mesin cuci, kompor gas, dan ratusan hadiah menarik lainnya.

Kemudahan yang diberikan panitia kepada peserta, khususnya yang berasal dari luar daerah, penginapan, sarapan, snack, dan makan siang

Iven tersebut mendapat dukungan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Agam, Jetson. Ia mengaku iven tersebut berdampak positif bagi pariwisata daerah. Salah satunya,, yang paling tajam adalah kebijakan panitia memilih kawasan panorama alam nan menawan sebagai lintasan, dan menyediakan lokasi untuk berfoto,termasuk foto selfi.

“Dengan demikian, LCC Gowes Adventure telah memperkenalkan objek wisata yang menarik kepada peserta. Kami mengapresiasi kegiatan tersebut,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Camat Lubuk Basung, M. Idrus Dt. Rajo Angek Nan Kuniang, yang mana menurutnya Lubuk Basung punya panorama alam nan menawan, dan layak sebagai objek wisata. Namun selama ini kurang terekspos, makanya kurang dikenal publik.

Ia menyebutkan, kawasan Silayang memiliki panorama alam nan menawan, bahkan kawasan itu bakal dilintasi peserta LCC Gowes Adventure, dan diharapkan dalam iven berikutnya, juga diperkenalkan objek wisata lainnya yang ada di Kecamatan Lubuk Basung, seperti Bukik Barabah Putiah, di Nagari Manggopoh.

Sumber : agammediacenter.com