Tugu Unik Ini Hanya Ada di Lubuk Basung

- 8:02 am
Ikon atau landmark seringkali digunakan sebagai penanda sebuah tempat, untuk kemudian berfungsi sebagai pengingat akan kenangan yang ada di tempat tersebut. Bentuknya bisa berupa patung, tugu, atau monumen. Nah, selain Tugu Harimau, yang sudah menjadi landmark Lubuk Basung, ternyata ada satu lagi tugu yang mencuri perhatian. Bentuknya yang terbilang unik. Penasaran?

Tugu Unik di Lubuk Basung/lubas.web id

Adalah tugu yang berada di taman Jl. Gajah Mada, Lubuk Basung. Tugu ini berada tidak jauh dari SMP N 1 Lubuk Basung. Tugu ini berbentuk seperti telapak tangan yang mencengkram.

Tugu telapak tangan yang seakan mencengkram tersebut terlihat sangat unik. Pasalnya, jika diperhatikan secara saksama, tak jelas tugu tersebut merepresentasikan telapak tangan bagian mana, kiri ataukah kanan, sebab ibu jari dan kelingking hampir sama besar bentuknya. Sementara itu, bentuk jari-jari yang lain juga tak beraturan. Ada yang melengkung, kaku seperti kayu, dan patah membentuk sudut siku-siku.

Jika dilihat sekilas, jari manis (bisa jadi jari telunjuk) terlihat terbuat dari balok kayu. Karena bentuknya yang memiliki sanding. Padahal itu masih terbuat dari tembok.


Tugu unik di Lubuk Basung/lubas.web.id

Walaupun demikian, dari sekian banyak tugu yang ada di sepanjang jalan, mulai dari Pasar Lama Lubuk Basung hingga Balai Salasa, tugu telapak tangan inilah satu-satunya tugu yang memiliki konsep. Hanya saja, kurang dipoles atau diperhalus. Selebihnya masih menirukan bentuk mainstrim layaknya tugu.

Untuk kamu ketahui, tugu-tugu yang dibuat di sepanjang taman jalan tersebut adalah tugu penanda instansi dan lembaga yang ada di Kabupaten Agam. Jika tugu-tugu tersebut dipoles lagi, maka bukan tidak mungkin tugu-tugu tersebut bisa menjadi landmark baru di Lubuk Basung.

So, Enjoy in Lubas.