Novita Dewi, Pendatang Baru yang Siap Berkiprah Dengan Genre Pop Minang Modern

- 7:00 am
"Suntiang tapasang kini saluak mahilang, kamano malu ka disuruakan, palaminan kini indak batuan, aia mato jatuah ka dalam". Itulah sepenggal lirik dari lagu Suntiang Tapasang Saluak Mahilang yang menjadi tembang andalan Novita Dewi. Kendati masih terbilang pendatang baru, tak lantas menciutkan nyali penyanyi pop Minang asal Lubuk Basung ini. Dengan mengusung genre pop Minang modern, serta berbekal suara tenor yang khas, membuat Novita Dewi percaya diri bakal mampu mencuri perhatian penikmat musik pop Minang tanah air. Bagaimana kiprah penyanyi yang satu ini?
Novita Dewi/Dok. Pribadi

Cuaca terik, Rabu (18/4) siang menemani perjalanan tim lubas.web.id menuju sebuah cafe yang berada di kompleks GOR Rang Agam Lubuk Basung. Di cafe itu, seorang perempuan berambut legam, sudah menunggu kedatangan tim lubas.web.id. Dia adalah Novita Dewi. Dewi, begitu dia akrab disapa, baru saja meluncurkan album perdana awal Januari lalu.

Album perdana tersebut berisikan 10 lagu pop Minang. Album yang bertajuk Suntiang Tapasang Saluak Mahilang itu ditulis dan diproduseri langsung oleh penyayi kawakan asal Lubuk Basung, Pepa Kampis, yang berada di bawah naungan Diva Record. Album yang aransemen musiknya ditangani Dicky Rian ini, juga melibatkan Dodi Alexa dalam pembuatan video klip.

”Waktu itu, Dewi diajak oleh bang Pepa untuk terlibat dalam pembuatan album minang. Setelah dites suara, ternyata bang Pepa suka sama suara Dewi. Kemudian, Dewi diajak rekaman di studio Diva Gunungpangilun. Di sanalah Dewi kenal dengan banyak musisi senior Minang, termasuk Vanny Vabiola,” ujar anak kedua dari enam bersaudara itu.

Bakat menyanyi Novita Dewi memang sudah terasah sejak kecil. Berawal dari sekadar hobi dan sering tampil di pentas amatir, membuat Novita Dewi tidak begitu canggung dengan dunia tarik suara yang dilakoninya kini.

"Untuk sekolah khusus vokal tidak ada. Semuanya otodidak," ujar perempuan yang saat ini berdomisili di Bawan itu.

Sebelum menjatuhkan pilihan pada kancah musik pop Minang, Novita Dewi lebih dulu jatuh hati pada genre musik Dangdut. Sehingga sedikit banyaknya, gaya bernyanyi Novita Dewi dipengaruhui oleh sang idola, Evie Tamala.

Kepiawaian Novita Dewi dalam bernyanyi tidak perlu dipertanyakan lagi. Suara tinggi khas perempuan yang begitu berkarakter tak pelak menjadi daya pikat tersendiri bagi Novita Dewi. 

Dalam menghadapi persaingan industri musik pop Minang masa kini, ciri khas suara menjadi poin tersendiri buat Novita Dewi. Sehingga hal tersebut yang ditawarkannya untuk memanjakan kuping penikmat lagu pop Minang tanah air.

“Kata orang yang sudah mendengar Dewi nyanyi, vokal Dewi punya ciri khas. Selain itu, dalam album ini, aransemen musik lebih santai, ada enerjiknya juga, istilahnya Minang ngepop bangetlah,” tukuk penyanyi yang sempat tak mendapat restu orang tua itu.

Dengan mengusung genre pop minang modern tersebut, Novita Dewi merasa yakin bakal bisa diterima khalayak ramai.

"Harapannya semoga semua orang yang mendengar suara Dewi bisa terhibur. Dan Dewi bisa memberikan yang terbaik buat penikmat musik," imbuhnya lagi.(*)