Masih Ingat Tugu Unik di Lubuk Basung Ini, Sekarang Penampilannya Bikin Tercengang

- 9:18 am
Lubuk Basung merupakan daerah yang nyaman untuk ditinggali, sebab ada-ada saja destinasi baru yang bisa dijadikan tren. Predikatnya sebagai Ibukota Kabupaten Agam memang tak perlu lagi disangsikan. Sehingga wajar saja jika Lubuk Basung terus menghadirkan ikon-ikon wisata baru. Ikon atau landmark seringkali digunakan sebagai penanda sebuah tempat, untuk kemudian berfungsi sebagai pengingat akan kenangan yang ada di tempat tersebut. Bentuknya bisa berupa patung, tugu, atau monumen.
Tugu unik di Lubuk Basung/lubas.web.id

Pada Januari silam, lubas.web.id pernah membuat review mengenai tugu unik di Lubuk Basung. Nah ternyata, beberapa bulan terakhir tugu unik tersebut sepertinya mulai berbenah. Seperti apa penampilannya sekarang?

Adalah tugu yang berada di taman Jl. Gajah Mada, Lubuk Basung. Tugu ini berada tidak jauh dari SMP N 1 Lubuk Basung. Tugu ini berbentuk seperti telapak tangan yang mencengkram.

Tugu telapak tangan yang seakan mencengkram tersebut terlihat sangat unik. Pasalnya, jika diperhatikan secara saksama, tak jelas tugu tersebut merepresentasikan telapak tangan bagian mana, kiri ataukah kanan, sebab ibu jari dan kelingking hampir sama besar bentuknya. Sementara itu, bentuk jari-jari yang lain juga tak beraturan. Ada yang melengkung, kaku seperti kayu, dan patah membentuk sudut siku-siku.

Jika dilihat sekilas, jari manis (bisa jadi jari telunjuk) terlihat terbuat dari balok kayu. Karena bentuknya yang memiliki sanding. Padahal itu masih terbuat dari tembok.

Walaupun demikian, dari sekian banyak tugu yang ada di sepanjang jalan, mulai dari Pasar Lama Lubuk Basung hingga Balai Salasa, tugu telapak tangan inilah satu-satunya tugu yang memiliki konsep. Hanya saja, kurang dipoles atau diperhalus.

Namun bukannya diperhalus, tugu ini malah melahirkan anak. Dimana di hadapan cengkraman tersebut dibuat sebuah patung berukuran kecil dengan bentuk perempuan tengah menari.
Tampilan baru tugu unik di Lubuk Basung/lubas.web.id

Patung kecil tersebut menggambarkan seorang perempuan yang menggenakan pakaian tradisional (sepertinya pakaian dari daerah Bali) berwarna hijau. Perempuan berambut panjang dengan hiasan kepala itu tampak bertolak pinggang, seakan-akan tengah menari. Indah betul jika diperhatikan dengan saksama.

Sementara itu, pada bagian tugu unik tersebut sama sekali tidak mendapat sentuhan yang berarti. Tidak ada bagian yang mendapat polesan, baik dari segi bentuk maupun pewarnaan. Barangkali pendiri tugu tersebut tetap mempertahankan keunikannya.

Semoga bentuknya yang absurd tersebut dapat menjadi pembeda dari sekian banyak tugu yang berjejer. Yang jelas, keberadaan tugu tersebut membuat nyaman setiap pasang mata yang memandang.

So, Enjoy in Lubas.